Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Bagi Pemula

SolusiPedia.NetKelinci adalah binatang yang sangat jinak dan penurut. Dengan telinga besar dan panjang ia menjadi salah satu hewan yang memiliki telinga yang unik, apalagi dengan gigi depan bagian atas yang sangat mencolok yaitu 2 gigi yang lebih besar dari gigi lainnya. Hal ini menambah kesan lucu dan imut pada kelinci. Bagi anda yang ingin memelihara kelinci, tentu anda harus paham cara merawatnya dengan baik agar kelinci dapat hidup sehat. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merawat kelinci dengan baik. Nah, berikut ini ada cara merawat kelinci, yuk kita simak.

Kelinci tidak terlalu sulit dalam hal perawatannya, asalkan kita telaten maka kelinci dapat terawat dengan baik dan sehat. Mari kita mulai dari kandangnya. Ibaratkan saja kita memiliki 1 pasang atau 2 kelinci yang kita pelihara, akan lebih baik jika kita menempatkannya di kandang yang memiliki ukuran kurang lebih 1 meter persegi. Hal ini akan memberikan ruang gerak bagi kelinci. Lalu, agar anda nyaman, tempatkan kandang kelinci lebih dari 5 meter dari rumah, tujuannya agar tidak tercium bau yang tidak sedap. Kemudian bersihkan kandang sekali dalam jangka waktu 1 – 3 Minggu. Gunakan air bersih untuk membersihkan kandangnya. Nah, sekarang cara merawat kelinci.

Baca Juga:  Cara Merawat Kenari Anakan Biar Gacor dan Siap untuk Lomba

Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Bagi Pemula Cara Merawat Kelinci Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Bagi Pemula Cara Merawat Kelinci yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Untuk pemula, jangan memelihara kelinci yang masih anakan dan berumur kurang dari 2 bulan. Kelinci pada umur kurang dari 2 bulan daya tahan tubuhnya masih belum tinggi dan sulit untuk dirawat, lebih baik serahkan pada ahlinya dulu. Berikan air minum yang cukup untuk kelinci agar proses pencernaannya lancar, namun gunakan air yang bersih ya, karena air kotor bisa saja mengandung bakteri yang berbahaya bagi kelinci. Untuk urusan makanan, kelinci yang berusia kurang dari 2 bulan, diberi rumput saja. Setelah mencapai lebih dari 2,5 bulan, makan anda dapat memberi makan sayuran atau buah lainnya. Perhatikan kebersihan kelinci dan kandangnya. Kandang yang kotor adalah sarang penyakit yang dapat mengancam nyawa kelinci. Lalu jangan membawa kelinci dalam kardus yang sempit dan tertutup, karena kelinci bisa stres bahkan mati. Kemudian untuk kelinci rumahan, periksakan kepada dokter hewan atau ahlinya untuk pemotongan gigi depan, karena kelinci gigi depannya akan terus bertumbuh panjang dan mempersulit kelinci untuk makan. Nah, itu tadi beberapa hal tentang cara merawat kelinci, semoga bermanfaat.

Facebook Comments