SOP dalam Mematikan dan Menyalakan Genset

sop menyalakan dan mematikan genset  SOP dalam Mematikan dan Menyalakan Genset sop menyalakan dan mematikan genset

Genset atau generator set adalah seperangkat alat pengganti sumber daya listrik ketika listrik dari PLN sedang padam. Banyaknya kegiatan perusahaan maupun rumah tangga yang membutuhkan tenaga genset menjadikan genset menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan.

Nah, oleh karena itu bagi Anda pengguna genset, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan genset. Baik pada saat menyalakan maupun mematikannya. Berikut adalah beberapa tahapannya.

Menyalakan genset

Sebelum Anda mulai menyalakan genset, pastikan Anda untuk mengecek bahan bakar genset terlebih dahulu. Cek apakah bahan bakarnya masih cukup untuk menyalakan genset atau perlu diisi.

Kemudian cek bagian lainnya seperti air radiator, air accu, oli mesin, dan lain-lain. Lalu pastikan bahwa alat-alat tersebut dalam keadaan baik atau butuh perbaikan dan pergantian.

Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa genset Anda dapat berjalan tanpa gangguan dan masalah

Setelah semuanya dapat dipastikan baik-baik saja, Anda bisa mulai menyalakan genset dengan membuka bagian box pannel dengan memindahkan tombol power on. Panaskan genset selama 10 menit sebelum digunakan.

Baca Juga:  Cara Pembutan Tahu secara Tradisional

Setelah proses pemanasan selesai, barulah genset siap untuk digunakan. Jangan menggunakan genset apabila proses pemanasan belum selesai.

Karena jika Anda menggunakan genset dalam keadaan mesin belum selesai dipanaskan, dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin genset.

Mematikan genset

Pastikan semua komponen listrik sudah tidak terhubung dengan sumber daya listrik genset. Kemudian segera turunkan breaker dan diamkan selama 5 menit untuk mendinginkan mesin yang sudah seharian bekerja.

Barulah kemudian Anda dapat mematikan genset, kemudian menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari sumber api.

Itulah cara untuk mengoperasikan genset untuk tahap menyalakan dan mematikan genset. Pastikan Anda melakukannya dengan benar. Supaya genset baru Anda tidak rusak dan tetap awet.

Facebook Comments