Baru Beli Kendaraan Bekas? Begini Cara Mengurus Balik Nama

Baru Beli Kendaraan Bekas? Begini Cara Mengurus Balik Nama Baru Beli Kendaraan Bekas Begini Cara Mengurus Balik Nama

Bagi anda yang baru pertama kali membeli mobil terlebih memilih untuk memilih membeli mobil bekas, mungkin ada banyak hal yang perlu anda pelajari terlebih dahulu. Bukan hanya soal resiko kendaraan itu sendiri tetapi juga masalah sura-surat kelengkapan dari mobil tersebut.

Salah satu yang harus dilakukan setelah pembelian mobil bekas adalah mengurus balik nama STNK dari pemilik sebelumnya menjadi nama anda. Mengingat banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mengurus balik nama STNK. Telah kita bantu rangkum langkah-langkah dan persyaratan apa saja dalam proses balik nama STNK.

Cara Balik Nama STNK

Dalam melakukan proses balik nama STNK setidaknya ada dua tahapan yang perlu anda lalui, terlebih jika tempat kendaraan anda saat ini terdaftar dengan lokasi tempat anda tinggal berbeda. Sehingga anda harus pergi ke samsat tempat kendaraan terdaftar dahulu baru melakukan pengurusan di samsat baru sesuai lokasi anda.

Tahap yang pertama

Sebagai contoh, kita anggap saja, anda membeli kendaraan bekas dengan plat B (Jakarta). Sementara anda sendiri tinggal di kawasan Surabaya dimana menggunakan plat L. Maka anda harus pergi ke samsat di Jakarta tempat kendaraan tersebut terdaftar.

  1. Pergi ke Samsat tempat kendaraan terdaftar.
  2. Anda akan diarahkan menuju loket cek fisik. Disini petugas akan melakukan pengecekan pada kendaraan anda seperti misalnya nomor rangka dan mesin. Selanjutnya mereka akan memberi sebuah formulir yang harus Anda isi dengan benar dan sesuai seperti yang tertera dalam STNK.
  3. Selanjutnya anda akan diminta untuk menyerahkan formulir tersebut beserta dokumen pendukung. Disini anda akan dimintai keterangan mengenai tujuan samsat sesuai dengan KTP anda.
  4. Jika semua dirasa sudah clear, petugas akan memberikan semua arsip pendukung untuk dibawa ke samsat tujuan.
Baca Juga:  SOP dalam Mematikan dan Menyalakan Genset

Tahap yang kedua

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, mengingat lokasi tujuan kita adalah Surabaya. Maka proses selanjutnya akan dilakukan di samsat yang terletak di Surabaya sesuai dengan KTP anda.

  1. Begitu sampai di Samsat tujuan, segera menuju ke loket cek fisik. Disini kendaraan anda akan kembali di cek fisiknya untuk memastikan kembali. Sembari menunggu anda bisa mulai mengisi formulir yang diberikan oleh petugas.
  2. Kumpulkan semua berkas syarat yang diperlukan dan serahkan ke petugas Samsat. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB.
  3. Isi formulir yang telah diberikan sertai fotokopian KTP dan lunasi biaya mutasi.
  4. Serahkan dokumen formulir yang telah Anda isi dan bukti pembelian kendaraan Anda ke loket BPKB Online. Anda akan mendapatkan tagihan BPKB Online yang harus dilunasi.
  5. Simpanlah bukti pembayaran BPKB Online, jangan sampai bukti pembayaran hilang.
  6. Lanjutkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK dan simpanlah bukti pembayarannya.
  7. Kembali ke loket BPKB Online untuk menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK. Petugas akan memberikan berkas dan bukti untuk pengambilan BPKB dan STNK baru. Biasanya proses ini memakan waktu hingga 3 minggu.
  8. Selanjutnya, serahkan fotokopian STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Plat Nomor. Setelah itu Anda akan diberikan plat nomor baru.
Baca Juga:  Cara Membuat Layang-Layang Sederhana

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Ketika Anda Membeli Mobil Bekas

Itulah beberapa langkah dan cara balik nama kendaraan, saran dari kita, ketika membeli mobil bekas tersebut ada baiknya segera mengurus proses balik nama mobil tersebut. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih aman kedepannya. Biasanya kasus yang sering terjadi jika sudah terlalu lama, adalah pemilik awal sudah pindah dan loss kontak. Inilah yang membuat kita akan kesulitan sendiri.

Facebook Comments