Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Dedaunan

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Dedaunan Pupuk Kompos Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Dedaunan Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Dedaunan

SolusiPedia.net = Pupuk merupakan asupan tambahan bagi tanah agar semakin subur. Pupuk dibuat guna meningkatkan hasil produksi. Pupuk dibutuhkan tanaman untuk menyediakan unsur hara yang lebih kaya sehingga tanaman mampu tumbuh dna berkembang secara optimal. Pupuk dasar yang baik bagi tanaman adalah pupuk kandang atau pupuk kompos. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara membuat pupuk kompos

Harga pupuk kimia semakin lama semakin mahal. Pupuk kimia yang dipergunakan terus menerus akan membuat tanah kehilangan kesuburan alaminya. Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang baik untuk kesubura tanah. Pupuk ini merupakan pupuk organik yang mampu menyuplai kebutuhan unsur hara bagi tanah. Kelebihan pupuk kompos dibandingkan dengan pupuk kimia adalah harganya yang murah dan tanpa mengandung limbah kimia. Untuk membuatnya perhatikan artikel berikut ini.

Bahan bahan cara membuat pupuk kompos

Sebelum memulai cara membuat pupuk kompos sebaiknya mengetahui bahan bahan yang digunakan. Bahan yang harus disediakan adalah kotoran ternak kering, dedaunan, sampah kering sebanyak, air sumur, kencing ternak seperti kuda, kelinci, sapi atau kerbau, abu dapur, dedak kasar serta kapur mati, jangan lupa tambahkan bakteri pengompos dari isi remin sapi. Untuk alat alat membuat kompos siapkan plastik, ember dan sekop.

Baca Juga:  SOP dalam Mematikan dan Menyalakan Genset

Teknik cara membuat pupuk kompos

Cara membuat pupuk kompos yang pertama adalah tumpukan kotoran ternak kering, sampah, dedaunan menjadi gundukan kurang lebih 20 cm, taburkan gundukan tersebut dengan dedak kasar, kapur serta air, siram gundukan dengan air kencing hewan ternak dan jangan lupa berikan bakteri dari isi rumen sapi. Selanjutnya lakukan hal ini secara berulang ulang hingga semua bahan habis.aduk dengan cangkul seperti mengaduk semen. Kemudian tutup gundukan tersebut dengan plastik hingga tidak terpapar sinar matahari. Diamkan gundukan hingga satu minggu. Setelah satu minggu, pindah gundukan ke sisi sebelahnya dengan meletakkan yang bagian atas terlebih dahulu hingga paling bawah, tambahkan kembali kencing ternak. Agar kelembapannya pas caranya genggam pupuk jika terasa lembab ditangan dan pupuk tercerai namun masih ada yang menempel artinya kelembaban sesuai. Setelah itu kemudian diamkan selama satu minggu. Selanjutnya pupuk kompos siap digunakan.

Facebook Comments