Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Janur dengan Mudah

Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Janur dengan Mudah Cara Membuat Ketupat Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Janur dengan Mudah Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Janur dengan Mudah

SolusiPedia.netKetupat sayur merupakan salah satu sajian wajib ketika lebaran. Proses memasaknya yang memakan waktu lama membuatnya terasa nikmat ketika dinikmati, apalagi dipadukan dengan rasa gurih opor ayam yang bakal menggoyang lidah. Namun berbicara masalah ketupat ada hal yang unik, selain karena nilai filosofinya yang luar biasa, jika diperhatikan, ketupat memiliki bentuk anyaman yang sangat khas. Anyaman yang rapi dan rapat dengan bentuk yang unik membuat isi dalam ketupat tidak tumpah ataupun bocor. Tapi sebenarnya bagaimana sih cara membuat anyaman ketupat yang kelihatannya ribet itu? Nah tenang, kali ini kita akan bahas cara membuat ketupat dari janur dengan langkah-langkah yang mudah untuk dipahami. Mari simak bersama.

Cara membuat ketupat dengan mudah

Tak usah bingung untuk membuat ketupat, ada langkah mudah untuk membuat ketupat. Sebelum itu hal terpenting yang harus anda persiapkan adalah bahan utama membuat ketupat yakni janur atau daun kelapa. Pilih daun yang masih berwarna kuning (muda) agar tampilan ketupat lebih menarik. Alangkah baiknya daun kelapa yang digunakan adalah daun yang baru dipetik dari pohonnya agar kualitas ketupat yang dibuat lebih bagus. Untuk membuat satu ketupat, sediakan satu janur saja.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Dedaunan

Cara membuat ketupat lebaran dengan mudah diawali dengan memisahkan janur dari tulang/ lidinya. Daun janur akan terbelah menjadi dua, kemudian gulungkan daun ke masing-masing tangan hingga tiga gulungan. Lakukan satu persatu agar lebih mudah. Untuk di tangan kanan, posisikan ujung janur di bawah dan pangkalnya di atas. Sementara di tangan yang kiri sebaliknya, arahkan ujung janur ke bawah dan pangkalnya ke atas. Langkah selanjutnya, mulailah melilitkan daun yang ada ditangan kanan ke daun yang ada di tangan kiri. Lilitan harus dibuat bentuk anyaman atau tumpang tindih. Usahakan jangan sampai gulungan lepas dari tangan. Anyam daun hingga seluruh gulungan menyatu menjadi anyaman semi jadi. Lanjutkan dengan menarik salah satu bagian ujung janur, kemudian ujung tersebut dianyam kembali namun ke arah yang berlawanan dari arah semula. Cari ujung daun janur yang satunya juga kemudian ulangi langkah tadi. Setelah menanyam ujung, kita lanjut untuk menanyam bagian pangkal daun janur. Ambil satu pangkal daun janur kemudian anyam ke arah yang berlawanan dari ujung janur. Ulangi langkah ini untuk pangkal daun yang lainnya. Setelah ujung daun saling bertemu dan kedua pangkal daun juga bertemu, rapikan anyaman agar tidak ada celah.

Baca Juga:  Baru Beli Kendaraan Bekas? Begini Cara Mengurus Balik Nama

Setelah benar-benar rapi, buka sela-sela dari pangkal daun untuk memasukkan beras sebagai isi ketupat. Nah itu tadi cara membuat ketupat nasi yang simple dan mudah untuk dipraktekkan. Agar anda lebih mahir, buatlah beberapa ketupat sehingga anda akan hafal dengan sendirinya beberapa langkah di atas. Semoga bermanfaat untuk anda.

Facebook Comments