Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

SolusiPedia.netMerawat bayi yang baru lahir merupakan hal yang gampang-gampang susah. Apalagi bagi mereka pasangan baru yang baru saja memiliki momongan. Meskipun kegiatan utama ketika bayi baru lahir hanyalah tidur, menyusu, dan buang air, namun karena segala hal yang berhubungan dengannya sangat sensitif maka harus benar-benar di jaga. Pada usia ini bayi masih belum bisa terlalu banyak bergerak, bahkan jarak pandangnya juga masih sangat terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan cara merawat bayi yang benar , agar bayi tidak menangis terus menerus karena merasakan ketidaknyamanan disekitarnya.

Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir Cara Merawat Bayi Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Memandikan

Bagian paling penting dari cara merawat bayi baru lahir adalah saat memandikan bayi. Karena tulang leher yang masih sangat lunak, maka harus sangat berhati-hati saat sedang memandikannya. Biasanya sebelum bayi diperbolehkan pulang dari rumah sakit, suster akan mengajarkan pada ibu mengenai cara memandikan bayi yang benar. Memandikan bayi yang baru lahir tentu berbeda dengan memandikan bayi yang sudah bisa duduk atau berdiri. Intinya segala apapun yang anda lakukan harus selalu mengutamakan ke hati-hatian mengingat tulang bayi yang masih lunak.

Baca Juga:  Jangan Asal Pilih, Inilah Cara Memilih Asuransi yang Benar

Mengganti Popok

Cara merawat bayi Yang selanjutnya adalah kegiatan penggantian popok. Diperlukan tingkat kesabaran yang sangat tinggi disini mengingat kebiasaan bayi yang sering sekali buang air besar maupun buang air kecil. Salah satu tanda anak buang air kecil/besar adalah menangis, maka dari itu setiap kali mereka menangis sebaiknya dilakukan pengecekan apakah bayi sedang buang air kecil/ besar. Jika memang benar, maka harus segera diganti popopknya. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman untuk bayi, jika tidak segera diganti dikhawatirkan bayi akan terinfeksi kuman-kuman dari kotorannya tersebut, sehingga membuat kesehatan bayi anda mungkin terganggu.

Mengganti Bedong

Cara merawat bayi Yang tidak kalah penting adalah mengganti bedong. Pada usia-usia awal seperti ini, bayi biasanya masih dibedong. Mengganti bedong intensitasnya hampir sama dengan mengganti popok karena setiap bayi buang air maka bedongpun harus segera diganti. Manfaat bedong tak hanya sekedar sebagai penghangat namun juga lebih memudahkan saat menggendong dan merawat bayi anda.

Facebook Comments