Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Dendam yang Mujarab Menurut Islam

Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Dendam yang Mujarab Menurut Islam Cara Menghilangkan Sakit Hati Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Dendam yang Mujarab Menurut Islam Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Dendam yang Mujarab Menurut Islam

SolusiPedia.net Sebagai manusia biasa tentu kita pernah merasakan yang namanya sakit hati dalam hidup ini, baik dalam hubungan keluarga, sahabat maupun dalam bermasyarakat. Dan selayaknya rasa sedih maupun gembira, tentunya rasa sakit hati ini merupakan sebuah kewajaran dalam kehidupan setiap manusia. Terlebih manusia merupakan makhluk sosial yang tentu dalam setiap interaksinya tak akan lepas dari adanya kekhilafan. Dan penyebab hadirnya rasa patah hati ini sangat beragam, lalu bagaimana cara menghilangkan sakit hati? Simak tips singkat cara untuk menghilangkan rasa sakit hati berikut ini.

Cara menghilangkan sakit hati yang ampuh

Tips untuk menghilangkan rasa sakit hati yang pertama adalah dengan melakukan perenungan. Saat kita merasa sakit hati sebelum mengkambing hitamkan orang lain sangat bijak kiranya jika kita melihat ke dalam diri kita sendiri. Misalnya pada saat kita terasa tersakiti oleh perkataan orang lain mungkin saja orang lain tak ada maksud untuk menyakiti. Cobalah merenung dan menginstropeksi diri, tanyalah diri kita apakah yang menyebabkan orang lain berkata demikian, karena mungkin saja kita sendiri yang telah berbuat salah kepada orang lain.

Baca Juga:  Sering Susah Tidur? Yuk, Simak 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Ini!

Cara menghilangkan sakit hati selanjutnya adalah dengan belajar menjauhkan diri dari segala bentuk sifat dengki dan iri hati. Sebab, sifat dengki dan juga iri hati merupakan suatu sifat yang dilandasi dari rasa kecintaan kepada segala hal yang sifatnya materi, pujian dan kehormatan. Manusia dengan sifat dengki dan iri hati akan selalu memandang ke atas dan seolah-olah tak pernah rela jika melihat ada orang lain yang mempunyai kelebihan yang melebihinya. Sifat ini harus dihilangkan agar tak terus menggerogoti hati, sehingga terus menerus merasa sakit hati.

Kemudian, belajarlah untuk terus memupuk sifat suka memaafkan. Pasalnya, kita hanyalah manusia biasa yang sama sekali tak pantas untuk bersikap sombong dengan tak mau memberikan maaf kepada orang lain. Mudahlah memberikan maaf bahkan saat orang lain meminta maaf kepada kita. Dengan sifat pemaaf ini hati kita akan bisa lebih terasa damai, tentram dan terasa lapang. Sifat pemaaf ini merupakan salah satu cara menghilangkan sakit hati yang sangat mujarab.

Facebook Comments