Cara Pembuatan Tempe Yang Simple Dan Mudah

SolusiPedia.netTempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat bergizi. Terbuat dari bahan kedelai yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai bahan makanan mulai dari gorengan, bacem hingga bahan campuran untuk memasak sayur seperti campuran untuk tumis kacang, buncis dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan makanan penuh gizi ini anda dapat membeli bahan mentahnya di pasar ataupun toko-toko yang anda kemudian anda olah sendiri sesuai dengan selera anda atau anda dapat membeli yang sudah matang di warung-warung di sekitar tempat tinggal anda. Akan tetapi jika anda merasa kurang percaya dengan tempe yang digunakan anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan mudah dan simple dengan mengikuti pedoman cara pembuatan tempe yang mudah dan simple.

Cara Pembuatan Tempe Yang Simple Dan Mudah Cara Pembuatan Tempe Cara Pembuatan Tempe Yang Simple Dan Mudah Cara Pembuatan Tempe Yang Simple Dan Mudah

Cara Membuat Tempe

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam cara pembuatan tempe adalah menyiapkan bahan-bahan serta alat-alat yang diperlukan untuk membuat tempe. Alat-alat yang perlu anda siapkan antara lain adalah baskom, saringan, dandang, kipas, sotel kayu, tampah, dan perlengkapan lainnya. Sedangkan bahan yang anda perlukan antara lain kacang kedelai dengan kualitas tinggi dan tidak tercampur dengan biji-bijian lainnya, ragi tempe, plastic atau daun pisang atau daun jati. Setelah anda menyiapkan peralatan bahan bahan tersebut langkah selanjutnya adalah:

Baca Juga:  Cara Membuat Nugget Ayam

Proses Pembuatan tempe :

  1. Pastikan bahwa semua peralatan yang anda gunakan dalam keadaan bersih dan kering
  2. Cuci kacang kedelai sampai bersih
  3. Rendam kacang kedelai tersebut dalam baskom selama kurang lebih 12-18 jam dengan air dingin
  4. Lepaskan kulit biji kedelai yang telah lunak dan lembut, kemudian bilas menggunakan air bersih
  5. Rebus biji kedelai tersebut hingga empuk kemudian tuangkan dalam tampah untuk diangin-anginkan dengan kipas sambil diaduk hingga biji kedelai tersebut terasa hangat.
  6. Setelah biji kedelai terasa hangat, taburkan ragi tempe sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata. Takaran yang diberikan 1,5 gram ragi untuk 2 kg kedelai.
  7. Siapkan plastic ataupun daun pisang atau daun jati untuk membungkus kedelai. Apabila kantong plastic yang anda gunakan sebagai pembungkus maka berikan lubang-lubang kecil sebagai tempat keluarnya udara sehingga cara pembuatan tempe mampu memberikan hasil yang sempurna.
  8. Masukkan adonan kedelai yang sudah dicampur dengan ragi tempe pada pembungkus dengan ketebalan sesuai dengan selera anda.
  9. Diamkan tempe untuk melakukan proses fermentasi pada suhu kamar sekitar 1 atau 2 hari. Atau dapat anda tunggu hingga seluruh permukaan kedelai tertutup jamur.
Baca Juga:  Cara Membuat Kue Sus Basah isi Vla yang Lembut dan Enak

Itulah tahapan dalam cara pembuatan tempe yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah. Yang perlu ada perhatikan adalah semua bahan dan alat yang anda gunakan benar-benar dalam keadaan bersih sehingga mampu memberikan kualitas tempe yang sempurna.

Facebook Comments